Minggu, 18 Desember 2011

refleksi kelompok 1 dan 2

Kelompok 1 pengertian dasar dalam ekologi tumbuhan

Menurut saya kelompok 1 tampil dengan baik namun, karena presentasinya diluar ruangan, penampilan kelompok ini kurang maksimal. Kelompok ini membahas tentang ; pengertian ekologi tumbuhan dan pengertian menurut ekologiawan, sejarah perkembangan ekologi tumbuhan, pendekatan ekologi tumbuhan (sinekologi dan autekologi), manfaat terapan dari ekologi tumbuhan, pengembangan wilayah perkotaan. Diperkotaan yng mempunyai sedikit lahan kosong dapat memanfaatkan ruang terbuka hijau pada saat ini bisa didapat dengan menciptakan lingkungan hijau dengan membuat pekarangan yang diberikan tanaman yang rindang atau pemberian pot dihalaman depan rumah. Jadi yang mempunyai rumah di lingkungan perkotaan hendaknya melakukan kegiatan penghijauan yang dimulai darai lingkungan rumah atau rumah berambut hijau tersebut.

Kelompok 2 tumbuhan dalam lingkungan

menurut saya kelompok 2 tampil kurang maksimal, karena kuliah diadakan di luar ruangan, sehingga presentasi kurang maksimal. Kelompok ini membahas tentang lingkungan makro dan lingkungan mikro, lingkungan abiotik, biotik dan faktor pembatas, pengertian niche atau nisia, strategi tumbuhan terhadap stress, hubungan adaptasi vs abaptasi, dan contoh dari indikator ekologis.
stress pada tumbuhan dibagi menjadi dua yaitu stress biotik dan sress abiotik. Pada stress biotik terdiri dari kompetisi intra spesies dan antar spesies, infeksi oleh hama dan penyakit. Sedangkan stress abiotik terdiri dari suhu (tinggi dan rendah), air (kelebihan dan kekurangan), radiasi (ultraviolet, infra merah, dan radiasi mengionisasi), kimiawi (garam, gas, dan pestisida), angin, dan suara. Stress pada tumbuhan dapat mengakibatkan kurang optimalnya pertumbuhan dan dapat menyebabkan kematian pada tanaman tersebut.
Indikator ekologi adalah fisik, kimia, atau tindakan biologis yang paling mewakili unsur-unsur kunci dari ekosistem yang kompleks. Indikator ekologi berguna menginformasikan komunitas ilmiah, para pembuat keputusan, dan masyarakat tentang keadaan keseluruhan ekosistem dan bagaimana hal itu bisa berubah karena tekanan antropogenik dan lainnya. Dan juga indikator ekologis digunakan untuk berkomunikasi tentang akosistem dan dampak aktivitas manusia terhadap ekosisitem untuk kelompok- kelompok ekosisitem.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar