Minggu, 08 Januari 2012

Refleksi kelompok 7 & 8

Kelompok 7 Vegetasi
Kelompok ini membahas tentang vegetasi, yang dimulai dari pengertian komunitas. Komunitas ialah kumpulan dari berbagai populasi yang hidup pada suatu waktu dan daerah tertentu yang saling berinteraksi dan mempengaruhi satu sama lain. Vegetasi di definisikan sebagai mosaik komunitas tumbuhan dalam lansekap dan vegetasi alami diartikan sebagai vegetasi yang terdapat dalam lansekep yang belum dipengaruhi oleh manusia (Kuchler, 1967). Konsep dasar komunitas terbagi menjadi 3, yaitu:
• Formasi; merupakan unit vegetasi yang besar di suatu wilayah yang ditunjukkan oleh beberapa bentuk pertumbuhan yang dominan.
• Assosiasi; vegetasi regional, dalam formasi ini merupakan klimaks sub iklim dalam formasi umum, terdapat lebih dari satu spesies yang dominan dan bersifat khas.
• Ekotone; suatu zona (daerah) peralihan (transisi) atau pertemuan antara dua komunitas yang berbeda dan menunjukkan sifat yang khas.
Vegetasi juga memiliki beberapa tipe, antara lain Vegetasi hutan hujan tropis, hutan luruh temperate, zona arid kering dan padang pasir, hutan boreal, padang rumput, dan tundra.
Vegetasi diklasifikasikan menjadi 3, yaitu Fisiognomi, habitat dan komposisi, dan dominasi spesies. Dalam terjadinya vegetasi , ada faktor-faktor penyebab. Faktor-faktor tersebut adalah iklim, keadaan tanah, tinggi rendahnya permukaan bumi, dan makhluk hidup (biotik). Seperti yang telah dijelaskan di awal, didalam komunitas terjadi suatu interaksi. Contoh komunitas adalah sawah dan sunga. Komunitas sawah berisi bermaca-macam makhluk hidup mislanya padi, belalang, burung, ular, dan gulma.
Komunitas tumbuhan memiliki beberapa karkteristik, yaitu keanekaragaman, struktur dan koposisi, analisis kuantitatif komunitas, dan yang terakhir adalah dominasi. Studi struktur dan klasifikasi komunitas (fitososiologi) analisis vegetasinya secara kualitatif dan kuantitatif.
Kelompokini terlalu banyak membahas hutan, pada hal yang seharusnya mereka pelajari adalah interaksi terhadap makhluk hidup dalam suatu ekosistem.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar